Pertanyaan-Sulit-Tentang-Artikel-Ilmiah

Contoh pertanyaan sulit tentang artikel ilmiah, yaitu terkait dengan pendapat pribadi. Untuk mengetahui secara rinci, simak artikel berikut ini.

Pertanyaan sulit tentang artikel ilmiah adalah strategi pengujian yang bisa membuat degup jantung berdetak tak karuan. Ujian untuk kalangan Mahasiswa pertanyaan-pertanyan yang dilontarkan sudah selayaknya berbobot dan berkualitas.

Pertanyaan sulit akan membuat otak belajar nalar dan kritis. Kelas Mahasiswa pertanyaan yang tepat bukan lagi persoalan yang jawaban sudah jelas di dalam materi. Melainkan, pertanyaan yang bisa membuat perubahan, perkembangan, dan penyelesaian masalah dari teori yang ada.

Pertanyaan Sulit Tentang Artikel Ilmiah

Sebelum melontarkan tanya, agar pertanyaan tidak menyimpang dari pembahasan, hal utama yang perlu dipersiapkan penguji adalah memahami topik dan isi materi yang disampaikan Mahasiswa.

Setelah paham, baru kemudian melakukan pembedahan-pembedahan terkait poin pembahasan. Hal ini, selain difungsikan untuk menguji, juga bisa dijadikan alternatif penilaian seberapa paham Mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Manfaat lainnya bisa mengetahui kemampuan daya kritis, daya nalar, dan wawasan Mahasiswa.

Berikut beberapa contoh pertanyaan sulit tentang artikel ilmiah dari beberapa bidang.

  • Dunia Penulis

Di era sekarang banyak tulisan-tulisan yang beredar dan dapat dengan mudah diterbitkan. Baik secara fisik maupun lewat platform.

Dari sisi kualitas, tidak sedikit penulis yang kemampuannya masih awam tetapi sudah melabeli dirinya sebagai penulis. Jika diteliti secara jeli, jangankan tata susun bahasa atau diksi, penempatan tanda baca dan EYD banyak yang tidak diketahui.

Tetapi, karena faktor keberuntungan penulis model seperti itu banyak meraup cuan dari hasil karyanya yang bisa dikatakan di bawah standar.

Menurut pendapatmu apa yang menjadi latar belakang kemerosotan kualitas tulisan? Kenapa tulisan-tulisan yang kurang bagus tersebut bisa laris banget di pasaran?

  • Dunia Pendidikan

Dunia pendidikan sering menjadi pembahasan. Mulai dari kurikulum yang sering bergonta-ganti, administrasi guru yang seabrek, pergantian menteri yang selalu diiringi pergantian peraturan, keadaan guru yang belum sejahtera (honorer) karena gaji yang diterima terlampau sedikit. Bahkan dibeberapa tempat hanya ada yang 200 ribu sebulan dengan tuntutan beban kerja yang berat.
Menurutmu, apakah keadaan kesejahteraan dan tekanan yang diberikan kepada guru berpengaruh terhadap kualitas pendidikan?

  • Latah Terhadap Budaya luar

Tidak sedikit orang sekarang yang latah dan suka tergiur dengan tren-tren masa kini. Terutama trend budaya dari luar. Di benaknya, seolah-olah budaya dari luar itu modern, keren dan kekinian.

Parahnya lagi, tidak sedikit anak bangsa yang merasa malu melestarikan budayanya. Karena menganggapnya kuno dan jadul.

Kira-kira apa yang membuat budaya luar tampak atau terlihat memukau dan keren dibandingkan budaya sendiri?

  • AI

Ai kehadirannya merubah sebagian besar pola kehidupan. Ada yang merasa diuntungkan dengan datangnya AI. Namun, ada pula yang merasa dirugikan. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya tumbang kehidupannya karena di phk massal oleh perusahaan.
Menurut pendapatmu, antisipasi apa yang harus dilakukan agar kita tidak tergerus dengan AI tetapi justru bisa memanfaatkannya untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan.

  • Kuliah

Akhir-akhir ini viral berita tentang UKT mahal. Untuk anak-anak dari kalangan tidak mampu, merasa pesimis karena merasa pundaknya tidak mampu menjangkau biaya kuliah yang terlampau mahal.

Selain dari sisi biaya yang mahal, era sekarang tidak sedikit sarjana menjadi pengangguran. Bahkan ada pula lulusan S2 juga tidak punya pekerjaan. Hal miris tersebut, disadari atau tidak disadari pada kenyataannya ada di depan mata dan real terjadi. Menurutmu, faktor apa yang menjadi penyebabnya?

Kesimpulan

Contoh pertanyaan sulit tentang artikel ilmiah yang ada di atas bisa dijadikan referensi atu gambaran ketika akan memberikan ujian kepada Mahasiswa.