Platform-Belajar-Seo

Ingin belajar seo namun bingung harus belajar dimana? Simak platform belajar seo pada penjelasan ini agar bisa belajar tanpa keluar biaya.

Dalam dunia blogging ataupun search engine, SEO memiliki fungsi yang penting. SEO menjadi kunci untuk membuat berbagai bisnis dan usaha digital menjadi makin optimal. Tak perlu bingung, ternyata disini platform belajar SEO yang bisa diakses secara gratis.

Pahami Platform Belajar SEO

Banyak yang bertanya-tanya mengapa SEO harus dipelajari. Apabila sedang menggeluti dunia digital, penting untuk membuat website, media sosial, hingga email yang SEO friendly. Keberadaan SEO dalam konten ini cukup penting, sebab bisa memudahkan mesin pencari untuk melakukan crawling konten.

Ketika menggunakan SEO, audiens juga lebih mudah untuk menemukan konten-konten terkait bisnis digital. Dengan audiens yang tepat, presentase untuk menjual lebih banyak produk atau jasa pasti lebih tinggi. Inilah yang membuat SEO menjadi sahabat bagi mereka yang bergelut dalam bidang digital.

Cara Belajar SEO untuk Pemula

Bagi pemula, belajar SEO sebenarnya bisa dilakukan secara gratis lewat platform pembelajaran SEO ini. SEO bisa dipelajari dengan memahami terlebih dahulu apa itu SEO dan bagaimana penerapannya di kontan. SEO tak hanya bisa diterapkan dalam artikel atau konten teks saja, tapi juga konten video ataupun foto dengan bantuan tagar.

Selanjutnya, mulailah mengenali bagaimana sistem kerja dari search engine. Google termasuk search engine yang sangat direkomendasikan, karena memiliki data yang lengkap dan akses pengguna yang besar. Langkah berikutnya adalah mulai belajar bagaimana penerapan SEO dalam teks, tagar, email marketing dan sebagainya.

Agar penerapan sekaligus pembelajaran SEO makin optimal, bisa manfaatkan tools SEO. Tools SEO ini akan membuat pemahaman dan informasi terkait penerapan SEO jadi makin efektif. Ada tools SEO yang gratis dan berbayar, tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan.

Platfrom Belajar SEO Terbaik yang Gratis

Ini dia platform pembelajaran SEO yang cocok untuk pemula dan tidak dipungut biaya. Silahkan pilih sendiri mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan.

  • Semrush

Platform yang pertama adalah Semrush, yakni platform penunjang SEO yang sangat populer dan banyak dipakai. Dengan Semrush, pengguna bisa melakukan riset untuk menemukan keyword yang tepat sesuai target audiens, melacak traffic, hingga melihat kata kunci yang digunakan oleh kompetitor.

Sayangnya Semrush merupakan platform berbayar, sehingga pengguna harus berlangganan untuk menikmati semua aksesnya secara total. Meski begitu, pengguna tetap bisa memakai beberapa fiturnya secara terbatas dengan jumlah tertentu per harinya tanpa membayar.

  • Ahrefs

Serupa dengan Semrush, Ahrefs juga menjadi platform pembelajaran SEO yang cocok untuk pemula maupun yang experts. Berbeda dengan Semrush yang difokuskan untuk meriset bagaimana pemilihan kata kunci, Ahrefs lebih banyak digunakan untuk melakukan analisis backlink.

Jika ingin menikmati layanan Ahrefs secara keseluruhan, pengguna harus membayar biaya langganan tiap tahunnya. Namun fiturnya tetap bisa digunakan secara gratis apabila pengguna memakai mode trial. Ahrefs juga menyediakan beberapa fitur gratis yang bisa pengguna manfaatkan tanpa membayar.

  • Ubbersuggest

Platform belajar SEO yang terakhir adalah Ubbersuggest yang dikembangkan oleh Neil Patel. Ubbersuggest tak beda jauh dengan dua platform sebelumnya, di platform ini pengguna bisa melihat jumlah keyword yang banyak digunakan dan bagaimana metriknya.

Sayangnya Ubbersuggest belum menyediakan keseluruhan layanan secara gratis. Walau begitu, pengguna diperbolehkan menikmati fitur Ubbersuggest secara limited per harinya. Jika tertarik dengan fiturnya, bisa lakukan login untuk menambah jumlah fitur limited yang disediakan.

Penutup

Itulah platform belajar SEO yang banyak digunakan, mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan bisnis, silahkan dipilih.