Webinar-Adalah

Pengertian webinar adalah suatu seminar yang dilakukan secara daring, simak penjelasan mengenai kegunaannya pada artikel berikut ini!

Perkembangan teknologi membuat banyak aktivitas mampu dialihkan secara digital. Salah satunya adalah aktivitas belajar, yang bisa dilakukan dengan webinar. Webinar adalah suatu konferensi, baik seminar ataupun pertemuan dalam rangka sharing, yang bertujuan untuk memperdalam ilmu atau diskusi.

Pengertian Webinar Adalah Seminar Daring

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, webinar adalah suatu pertemuan yang dilakukan secara daring. Dalam pertemuan tersebut, dibahas suatu topik tertentu oleh para ahli yang sudah berpengalaman. Pihak yang mendengarkan akan mendengarkan penjelasan yang diberikan dan mengajukan diskusi atau pertanyaan apabila ada yang kurang paham.

Penejelasan Mengapa Harus Melakukan Webinar

Ada alasan mengapa webinar dilakukan, alasannya beragam, namun mayoritas webinar dilangsungkan untuk alasan pembelajaran atau akademik. Peserta webinar bisa belajar mengenai topik yang dibahas selama webinar tanpa harus datang ke lokasi.

Selain itu, pemateri juga bisa memberikan ilmunya tanpa harus bertemu secara fisik dengan audiens. Lewat teknologi yang digunakan, pembelajaran tetap berjalan secara efektif tanpa perlu rasa khawatir. Dibandingkan dengan sistem pembelajaran biasa, webinar tentunya memiliki lebih banyak keunggulan.

Cara Mengikuti Webinar

Tidak sulit untuk mengikuti webinar, sebab webinar adalah platform pertemuan digital yang bisa diakses siapa saja. Apabila audiens mendapatkan tautan dari webinar tersebut, secara otomatis audiens bisa masuk untuk mendapatkan materi.

Namun dengan perkembangan saat ini, webinar bisa pula dilakukan secara tertutup. Pembagian link hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu, sehingga tak sembarang orang boleh masuk. Tujuannya agar diskusi tetap kondusif dan webinar berjalan dengan lancar.

Jika webinar dilakukan secara tertutup, maka dibutuhkan izin dari admin webinar tersebut agar audiens bisa masuk. Setelah diizinkan masuk, audiens bisa mengikuti diskusi atau mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh para ahli.

Cara dan Tips Mengadakannya

Webinar adalah platform diksusi digital yang sangat menarik, alasannya karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan. Webinar juga menjadi ajang belajar yang menyenangkan karena bisa bertanya langsung kepada ahli dengan lebih cepat.

Tertarik untuk mengadakan webinar dalam waktu dekat? Bisa ikuti tips dan panduan berikut ini agar webinar berjalan dengan lancar.

  • Tentukan Topik dan Pengisinya

Sebelum mengadakan webinar, sebaiknya pilih dulu siapa yang akan mengisi materi dan seperti apa topik yang ingin dibicarakan. Jangan sampai webinar tak berjalan optimal karena pemateri tak menguasai materinya dengan baik atau audiens yang bingung dengan topiknya.

  • Siapkan Fasilitas

Jangan lupa untuk menyiapkan fasilitas sebelum melakukan webinar, mulailah dengan menyiapkan perangkat komputer, laptop atau gadget. Jangan lupa untuk menggunaka mic agar suara yang keluar terdengar dengan jelas.

  • Pastikan Jaringan Lancar

Webinar adalah diskusi yang dilakukan dengan bantuan internet, jadi pastikan data yang digunakan benar-benar lancar. Apabila jaringan yang digunakan hilang timbul, maka aktivitas webinar tak akan berjalan sesuai dengan rencana.

Mengatasi Masalah yang Terjadi

Jangan panik saat webinar mengalami masalah, baik masalah teknis maupun non teknis. Apabila diperlukan, jeda dulu webinar untuk memastikan penyebab dari masalah tersebut. Jika bisa ditangani secara langsung, segera selesaikan agar tak menganggu webinar ke depannya.

Lakukan kerja sama dengan admin ataupun pengisi materi saat melakukan webinar. Sehingga hal-hal yang diluar rencana tak terjadi tiba-tiba. Namun jika kondisi tak memungkinan untuk melanjutkan webinar, sebaiknya hentikan webinar dan ganti di waktu yang lain.

Kesimpulan

Webinar adalah sarana belajar yang mudah, praktis dan bisa dilakukan dimana saja. Semoga informasi ini bisa menambah pengatahuan terkait teknis mengadakan webinar.