Apa-Arti-Kartu-Hijau-dalam-Bola-Voli

Terdapat sejumlah kartu pada pertandingan bola voli, termasuk kartu warna hijau. Apa arti kartu hijau dalam bola voli? Ketahui jawabannya di artikel ini.

Apa arti kartu hijau dalam bola voli? Perlu diketahui, terdapat beragam warna kartu pada permainan bola voli yang biasa dimanfaatkan. Setiap kartu tersebut mempunyai makna berbeda. Salah satu kartu yang cukup menarik perhatian, yaitu kartu warna hijau.

Umumnya, kartu yang diberikan wasit untuk pemain menandakan telah terjadi pelanggaran. Sebut saja, kartu merah dan kuning. Namun, hal ini berbeda apabila wasit mengeluarkan kartu warna hijau. Pasalnya, kartu tersebut bukan berarti hukuman, melainkan tanda apresiasi.

Nah, artikel ini akan membahas secara lebih lanjut makna kartu berwarna hijau yang ada pada bola voli. Selain itu, berbagai penerapan kartu hijau ini akan dijelaskan pula secara singkat.

Apa Arti Kartu Hijau dalam Bola Voli?

Kartu pada suatu pertandingan olahraga dikeluarkan biasanya karena ada suatu tindakan melanggar aturan yang dilakukan pemain. Kartu ini dikeluarkan wasit. Apabila menurut wasit telah terjadi indikasi pelanggaran, wasit berhak memberikan kartu.

Berbagai kartu mempunyai konotasi negatif sebab ini merupakan peringatan dari wasit. Sejumlah olahraga yang memakai kartu sebagai bentuk hukuman, misalnya bulu tangkis, sepak bola, serta voli.

Perlu diketahui, ada beragam jenis kartu pada suatu pertandingan olahraga. Nah, pada bola voli, terdapat satu warna kartu yang mempunyai makna bukan sebagai bentuk pelanggaran, yakni kartu hijau. Lalu, apa arti kartu hijau dalam bola voli?

Kartu berwarna hijau pada pertandingan voli merupakan simbol apresiasi atau penghargaan kepada pemain. Di mana pemain dianggap mempunyai perilaku positif yang mengutamakan keadilan di sepanjang permainan. Selain itu, etika bermain dan tindakan sportif yang dimiliki pemain tersebut juga patut diberi pengakuan.

Pemain yang memperoleh kartu hijau dari wasit tidak akan diberi hukuman, tetapi mendapatkan suatu penghargaan. Di akhir pertandingan final, tim yang berhasil memperoleh kartu hijau dengan jumlah paling banyak berhak menerima hadiah.

Penerapan Kartu Hijau dalam Bola Voli

Penggunaan kartu hijau terbilang masih baru dalam permainan voli. Maka dari itu, memahami apa arti kartu hijau dalam bola voli bisa menambah pengetahuan bersama, utamanya bagi para pemain voli itu sendiri.

Sebetulnya, FIVB atau Federasi Bola Voli Internasional memperkenalkan kartu berwarna hijau mempunyai maksud tertentu. Hal tersebut ditujukan sebagai upaya promosi dalam menanamkan perilaku jujur para pemain. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan rasa sportivitas dalam diri pemain.

Beberapa tindakan pemain yang bisa membuatnya mendapatkan kartu hijau, antara lain:

  1. Mengakui Pelanggaran

Apabila seorang pemain mengakui secara jujur melakukan suatu pelanggaran, dia berhak memperoleh kartu hijau. Misalnya, pemain mengakui telah menyentuh net di mana wasit tidak melihatnya. Ini merupakan tindakan sportif yang menghemat waktu karena tak perlu mengecek rekaman pertandingan.

  1. Menghentikan Pertandingan secara Sukarela

Pemain mengetahui bahwa lawannya mengalami cedera, kemudian ia mengajukan pertandingan dihentikan sementara. Ini juga bisa menjadi salah satu perilaku yang membuat kartu hijau dikeluarkan secara mudah.

  1. Menjaga Sikap

Tindakan lainnya, yaitu pemain menerima keputusan wasit secara hormat di tengah situasi yang tegang atau menjaga sikap tenang ketika menghadapi provokasi yang dilakukan tim lawan.

Kesimpulan

Selain berarti pelanggaran, terdapat warna kartu yang dianggap sebagai bentuk apresiasi untuk pemain yang mempunyai perilaku jujur serta sportif. Dengan mengetahui apa arti kartu hijau dalam bola voli, diharapkan dapat meningkatkan wawasan. Pasalnya, penerapan kartu hijau pada pertandingan masih relatif baru.