10-Sahabat-Nabi-yang-Dijamin-Masuk-Surga

10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga memiliki gelar tertentu. Bahkan dari karakter serta perilakunya menjadikan mereka mendapat jaminan istimewa tersebut.

Sebagai umat Islam sudah sewajarnya mengenal lebih dalam tentang siapa sebenarnya 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga beserta kebaikan, keikhlasan yang tercermin dalam diri mereka. Sehingga mampu menjadi teladan untuk kita semua di masa sekarang.

Hal baik serta tulus yang dilakukan para sahabat Rasulullah SAW semasa hidupnya membuat mereka mendapat kenikmatan, jaminan tidak terhingga dari Allah SWT. Bayangkan saja dari ratusan ribu orang, mengerucut jadi 10 memperoleh keistimewaan tersebut.

Inilah 10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga Karena Laku Baik Ketika Hidup

10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga mempunyai keunggulan daripada lainnya, khususnya dalam hal keikhlasan, keteguhan, keberanian dan sikap positif lain bikin berkah itu datang pada mereka. Daripada penasaran, uraian singkat berikut menjelaskan secara rinci sebagai pemahaman terhadap sosok terdekat Rasulullah SAW.

  • Abu Bakar Ash Shiddiq

Sosok sahabat Rasul yang pertama ini mempunyai sebutan khusus yakni ‘Atiq bermakna tampan serta Ash Shiddiq mengandung arti lelaki pertama yang tanpa ragu telah beriman kepada Nabi Muhammad SAW.

Masih ada gelar lain tersemat untuknya. Hingga membuat dirinya berhasil diangkat menjadi Khalifah pertama dengan masa jabatan dua setengah tahun. Ia menduduki posisi penting itu karena sikap berwibawa,terhormat,zuhud,senior,punya wawasan luas dan bisa memenuhi segala permintaan orang banyak.

  • Umar Bin Khattab

Sahabat yang kedua ini sangat terkenal sebagai pemimpin atau Khalifah tegas, adil untuk seluruh rakyat. Selain itu ia juga mampu menjadi pemisah terhadap semua hal yang benar serta salah (Al-Faruq). Gelar lain tidak kalah mengesankan yakni sebagai pemimpin orang beriman (Amirul Mukminin).

  • Usman Bin Affan

Sama seperti Umar Bin Khattab, sosok sahabat Nabi ini juga punya gelar mulia yakni Amirul Mukminin. Ia lahir 5 tahun setelah kelahiran Rasulullah SAW. Meskipun usia lebih mudah dari Nabi Muhammad, sudah matang secara spiritual sampai dipercaya sebagai pemimpin.

  • Ali Bin Abi Thalib

Selanjutnya ada sosok yang tidak lain masih punya hubungan saudara terhadap Rasulullah SAW (sepupu). Ia dikenal sebagai Abu Turab, termasuk laki-laki yang beriman dengan kesungguhan serta keikhlasan dari golongan anak-anak. Sampai dewasa, dia tetap konsisten menerapkan ajaran Islam serta keteladanan sikap Nabi Muhammad.

  • Thalhah Bin Ubaidillah

Sosok ini mendapat jaminan surga karena keberanian, kegigihan selama masa peperangan. Ia selalu totalitas ketika berada di medan perang. Sikap berani, tidak takut mati, menjadikannya mendapat keistimewaan itu. Termasuk mengenalkan metode memanah musuh pada prajuritnya.

Selain kemahiran handal dalam berperang, ia telah banyak melakukan pengorbanan untuk menyebarkan agama Islam.

  • Zubair Bin Awwam

Pria pemberani ini tidak lain merupakan sepupu Nabi Muhammad SAW. Ia disebut sebagai sahabat paling setia. Karena kesetiaan serta keberanian dalam segala situasi, kondisi, yang membuat dirinya dapat jaminan surga.

  • Abdurrahman Bin Auf

Sahabat Nabi yang satu ini terkenal sebagai sosok kaya raya tapi sangat murah hati dan dermawan. Sehingga ia mendapat keutamaan surga yang penuh kenikmatan. Keikhlasan dalam bersedekah membuatnya dicintai banyak orang, mirip seperti Rasulullah.

  • Saad Bin Abi Waqqas

Lelaki ini sangat pemberani ketika terjun di medan pertempuran. Meskipun kekuatan musuh sangat hebat, ia tidak pernah melaju untuk menumpas lawan dengan strategi handal. Selain itu Saad juga gigih dalam menyebarkan Islam, maka hadiah surga datang padanya.

  • Abu Ubaidah Bin Jarrah

Sebagai sahabat Rasulullah, ia sangat terkenal dengan kejujuran yang tidak mudah goyah meskipun banyak sekali godaan. Berkat konsistensi dari sikap tersebut, surga menjadi balasan terbaik.

  • Said Bin Zaid

Sama seperti beberapa sahabat Rasul yang lain. Said punya keberanian luar biasa saat perang. Bahkan rela berkorban besar demi menyebarkan agama Islam ke seluruh wilayah. Sehingga ia memang layak menerima balasan surga.

Kesimpulan

10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga memberikan teladan baik untuk umat Muslim seluruh dunia. Bukan hanya sekedar perkataan, tapi keikhlasan tinggi dalam beriman dengan menunjukkan perilaku atau perbuatan penuh manfaat untuk orang lain. Bahkan loyalitas demi kedamaian dan kesejahteraan bersama.