Universitas-Terbaik-Di-Indonesia

Perguruan tinggi universitas terbaik di indonesia ialah yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di Indonesia. Dan paling diminati oleh mahasiswa.

Universitas Terbaik Di Indonesia termasuk Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat di Negara Indonesia yang menjadi pilihan favorit para mahasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti Program Vokasi, Sarjana, Pascasarjana, Doktor, dan Profesi.

5 Universitas Terbaik Di Indonesia

Lantas apa saja Universitas Terbaik Di Indonesia yang menjadi pilihan favorit dari para anak muda demi meraih cita-citanya untuk menempuh pendidikan yang berkualitas ? Dalam artikel ini akan kami bahas 5 Universitas Terbaik Di Indonesia di tahun 2024. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

  • Universitas Indonesia

Universitas Indonesia disingkat dengan UI merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan pada 2 Januari 1849, merupakan Universitas tertua di Indonesia sekaligus terbaik yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Universitas Indonesia adalah Kampus yang modern, terbuka, multi budaya, dan memiliki disiplin ilmu yang beragam. Jurusan favorit yang menjadi minat para mahasiswa antara lain adalah Kedokteran, Hukum, Psikologi, Manajemen sampai Ilmu Komputer. Memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti ruang terbuka hijau yang luas, perpustakaan yang lengkap dan juga sarana olahraga dan seni yang besar. Menjadikan UI kampus yang terbaik. Dari data yang kami dapatkan berdasarkan Peraturan BAN-PT No. 2 tahun 2020, Universitas Indonesia telah mengajukan konversi menjadi peringkat akreditasi “Unggul” pada 2 Agustus 2022 silam. Yang sebelumnya mendapat predikat akreditasi “A”.

  • Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) ialah Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM berdiri pada pada tanggal 19 Desember 1949. Universitas ini memiliki predikat akreditasi “A”. Jurusan favorit yang sering menjadi minat para mahasiswanya adalah kedokteran, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Akutansi, Hukum dan juga Psikologi. UGM menyelenggarakan program pendidikan Sarjana, Sarjana Terapan (Vokasi), Magister, Doktor, dan Kelas Internasional. Semua itu ditunjang pula dengan sarana dan prasarana yang sangat lengkap seperti rumah sakit, asrama mahasiswa, perpustakaan dan lain sebagainya.

  • Institut Teknologi Bandung

Terletak di Jawa Barat yakni kota Bandung memiliki Perguruan Tinggi Negeri yang tersohor bernama Institut Teknologi Bandung sering dikenal ITB. Universitas ini mendapat julukan ‘Kampus Cap Gajah’ dari para mahasiswanya. Merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia membuat kampus ini salah satu universitas terbaik di tanah air. ITB Berdiri pada tanggal 2 Maret 1959 di kota Bandung. Jurusan yang paling diminati di ITB adalah jurusan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) – Komputasi, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), serta Sekolah Bisnis dan Manajemen. Institut Teknologi Bandung mendapatkan akreditasi dengan peringkat “A”.

  • Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) berlokasi di kota Malang. Yang didirikan tahun 1963 silam, merupakan Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Jawa Timur. Memiliki hampir 60.000 lebih mahasiswa dalam berbagai program studi Sarjana, Magister, Doktor dan Profesor. Jurusan seperti Kedokteran, Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Hukum, Ekonomi, hingga Ilmu Administrasi merupakan jurusan yang paling banyak diminati oleh para mahasiswanya. Universitas ini memiliki Akreditasi Nasional Grade A. Universitas Brawijaya memiliki fasilitas yang luas dan lengkap seperti Perpustakaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), laboratorium seperti LSIH dan LSSR, dan lainnya.

  • Universitas Airlangga

Universitas Airlangga dikenal dengan nama UNAIR berlokasi di Surabaya dan merupakan Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Jawa Timur selain Universitas Brawijaya. Pada tanggal 10 November 1954 UNAIR diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Menjadi Universitas ketiga Indonesia setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada yang berdiri sebagai PTN. Jurusan yang banyak diminati dari kampus ini adalah Kedokteran, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Manajemen dan Hukum. Memiliki program studi yang lengkap dan fasilitas yang luas sehingga membuat UNAIR mendapat predikat akreditasi “A”.

Kesimpulan

itulah 5 Universitas Terbaik Di Indonesia di tahun 2024 yang telah kami bahas satu persatu beserta tahun didirikan, akreditas, lokasi dan jurusan yang paling diminati. Semoga dari pembahasan tersebut menjadi pedoman kalian semua dalam memilih universitas terbaik Indonesia.