Kampus-IAIN-Ponorogo

Perguruan tinggi kampus iain ponorogo adalah perguruan tinggi negeri berbasis Islam yang ada di Jawa Timur. Di kampus ini, ada banyak pilihan jurusannya.

IAIN Ponorogo (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo) ialah perguruan tinggi Islam (PTI) populer di Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, Kampus IAIN Ponorogo memiliki fokus pengajaran ilmu yang berlandaskan nilai islamiah. Hingga kini, sudah ada banyak sekali mahasiswa berprestasi dicetak oleh PTI satu ini.

Ponorogo sendiri merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian barat Jawa Timur. Menurut garisnya, kabupaten ini sangat dekat dengan perbatasan Jawa Tengah. Jadi, tidak heran jika lokasinya disebut strategis untuk tujuan kuliah para warga Jawa Timur dan Jawa Tengah sekaligus.

Profil Singkat Kampus IAIN Ponorogo

PTN-Islam ini didirikan lebih dari 20 tahun yang lalu. Tepatnya pada tanggal 21/03/1997. Selama bertahun-tahun berdiri, PTN ini sudah mencetak jutaan mahasiswa yang kini sudah sukses berkarier di perusahaan besar hingga instansi-instansi pemerintahan.

Beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto, Ponorogo, kampus Islami satu ini menjadi penghubung antara Jawa Timur dan Tengah. Visinya adalah terus berupaya mengembangkan ilmu pengetahuan yang selaras dengan kandungan-kandungan Islam. Oleh sebab itu, beberapa jurusan memang dibuat memiliki fokus keislaman tersendiri.

Hingga kini, IAIN Ponorogo telah mengantongi akreditasi B. Sepanjang misinya, mereka terus berusaha untuk mencetak sumber daya manusia yang cerdas namun tetap berakhlak mulia. Untuk itu, kampus menyediakan banyak sekali Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) demi mendukung para mahasiswa berkarya.

Adapun daftar UKM di Kampus institut agama islam ponorogo ada di berbagai bidang seperti: keolahragaan (bela diri & olahraga), seni dan budaya (pramuka, teater, tari dl), keagamaan, jurnalistik, sosial dan sukarela, kewirausahaan dan masih banyak lag

Fakultas dan Jurusan di IAIN Ponorogo

Kampus membuka gerbangnya bagi para peminat ilmu pengetahuan dan nilai-nilai Islam. Terbukti, sudah ada 5 fakultas dengan 16 program studi disini. Bagi calon pendidik, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan siap membekali mereka dengan ilmu pedagogi dan keagamaan yang mumpuni.

Bagi yang tertarik mendalami hukum Islam, Fakultas Syariah dan Hukum menawarkan program studi Hukum Keluarga Islam, Hukum Tata Negara, dan Hukum Ekonomi Syariah. Keahlian di bidang komunikasi dan dakwah dapat diasah di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, sedangkan ilmu manajemen dan ekonomi syariah menanti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Bagi para pencinta Al-Quran dan Hadis, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat membuka pintu untuk mempelajari tafsir, Aqidah, dan filsafat Islam.

Jalur Masuk Kampus IAIN Ponorogo 2024

Sebagai PTN, jalur masuk ke institute ini ada 3 jenis di 2024. Yang pertama adalah SNBP, SNBT dan terakhir adalah Jalur Mandiri. Penjelasan 3 jalur tersebut adalah sebagai berikut:

  • SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi)

Jalur yang dibuka untuk siswa/siswi yang punya prestasi akademik. Dulunya, jalur ini disebut “undangan”. Singkatnya, para calon mahasiswa bisa masuk ke kampus tanpa harus menggunakan tes tulis.

  • SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes)

Berbeda dengan jalur sebelumnya, jalur ini harus dilakukan dengan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Sesuai dengan namanya, ujian tes masuk perguruan tinggi negeri ini menggunakan sistem komputerisasi khusus.

  • Jalur Mandiri

Jika gagal masuk pada dua seleksi sebelumnya, jangan khawatir! Para calon mahasiswa masih bisa masuk kesini lewat jalur mandiri. Jalur ini sama-sama menggunakan tes masuk. Yang membedakan hanyalah biaya masuk yang nanti akan dipatok kampus saat sudah dinyatakan diterima. Biasanya, jalur mandiri lebih mahal dibandingkan SNBP maupun SNBT.

Kesimpulan

Pada akhirnya, Kampus IAIN Ponorogo bisa jadi pilihan pendidikan tinggi terbaik yang bisa dipilih. Di sini, para mahasiswa tidak hanya diajarkan pengetahuan umum, tetapi juga diseimbangkan dengan ilmu agama. Harapannya, para mahasiswa yang cerdas dan berakhlak mulia bisa lahir di kampus berbasis Islam ini.