Keutamaan-Sholat-Tahajud

Beberapa keutamaan sholat tahajud ini sebenarnya cukup banyak sekali, simak selengkapnya disini agar lebih paham!

Keutamaan Sholat Tahajud ini sebenarnya cukup banyak sekali. Tahajud sendiri termasuk ke dalam ibadah sunnah yang bisa dikerjakan pada malam sepertiga terakhir usai tidur.

Sholat satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Baik itu secara spiritual maupun mental di kehidupan sehari-hari.

Penjelasan terkait Keutamaan Sholat Tahajud

Terdapat beberapa keutamaan sholat Tahajud yang penting sekali dipahami. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkapnya:

  1. Sarana Mendekatkan Diri kepada Allah

Tahajud termasuk ke dalam bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dalam malam sepertiga terakhir, Allah SWT sendiri turun ke langit dunia serta bisa langsung mendekatkan diri kepada hamba-Nya.

Pada saat itulah Allah sangat dekat dengan manusia. Sebab, nantinya akan mengabulkan doa yang memohon dengan tulus.

Tahajud sendiri akan memberikan kesempatan bagi hambanya untuk selalu berkomunikasi dengan Allah secara khusyuk. Melalui Tahajud, kita nantinya bisa langsung merasakan ketenangan batin serta kedekatan spiritual lebih mendalam dengan Allah.

  1. Diangkat Derajatnya di Sisi Allah

Keutamaan sholat tahajud yaitu janji Allah untuk bisa langsung mengangkat derajat orang yang melaksanakannya. Dalam hadits, Rasulullah SAW sendiri memang turut bersabda bahwa orang yang terbiasa melaksanakan Tahajud nantinya akan langsung memperoleh kemuliaan di dunia maupun akhirat.

Allah SWT juga nantinya akan langsung memberikan tempat istimewa bagi orang yang bangun di malam hari hanya untuk bisa langsung beribadah kepada-Nya. Bahkan, dijanjikan pula diangkat derajatnya di sisi Allah. Hal tersebut tentu akan memperoleh keberkahan yang lebih dalam kehidupan dunia atau akhirat.

  1. Menghapus Dosa dan Mendapatkan Ampunan

Tahajud juga mempunyai keutamaan dalam menghapus dosa. Sebagaimana telah disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 79, Allah SWT sendiri turut memberikan kesempatan kepada hamba-Nya.

Tujuannya tentu untuk bisa langsung memohon ampunan serta memperbaiki diri melalui ibadah malam. Bahkan, yang melaksanakan Tahajud dengan penuh kesungguhan serta keikhlasan akan diberikan ampunan oleh Allah.

Hanya dengan mengerjakan Tahajud secara konsisten, tentunya seseorang akan mendapatkan pembersihan jiwa dari dosa kecil yang pernah dilakukan. Bahkan, semakin bisa mendekatkan dirinya kepada Allah.

  1. Doa-Doa Dikabulkan

Tahajud ini termasuk waktu terbaik untuk bisa langsung berdoa. Rasulullah SAW sendiri telah bersabda bahwa Allah akan langsung mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan di waktu malam.

Pada saat orang tertidur lelap, kita bisa bangun untuk mengerjakan sholat Tahajud. Hal tersebut tentu akan memperoleh kesempatan istimewa untuk bisa berdoa serta memohon segala hajat kepada Allah.

Doa yang telah dipanjatkan pada waktu ini diyakini sudah mempunyai kekuatan cukup besar dan lebih mudah untuk dikabulkan. Hal tersebut karena pada waktu inilah Allah SWT telah mendekatkan diri kepada hamba-Nya.

  1. Menjadikan Hati Lebih Tenang

Melaksanakan Tahajud secara rutin tentunya bisa langsung memberikan ketenangan batin yang luar biasa. Di tengah malam yang sunyi, saat tidak ada gangguan dari dunia luar, seorang hamba akan lebih fokus sepenuhnya pada Allah serta bermeditasi melalui ibadah.

Tahajud ini nantinya akan membantu kita untuk meredakan kegelisahan hati dan pikiran. Bahkan, akan memberikan rasa damai yang sulit dijelaskan.

Tahajud ini juga akan memberikan kesempatan untuk bisa langsung merenungi kehidupan. Terutama, untuk mencari solusi atas masalah yang tengah dihadapi. Jadi pikiran juga akan menjadi lebih jernih serta hati tentram.

Kesimpulan

Keutamaan sholat Tahajud cukup banyak dan berpengaruh pada kehidupan manusia. Baik itu, mulai dari mendekatkan diri kepada Allah, lalu diangkat derajatnya, dan diampuni dosa-dosanya.