Game-Picu-Bahaya-Kesehatan

Game menjadi salah satu bagian dari sejumlah anak di Indonesia. Banyak yang belum tahu, bahwa kecanduan game picu bahaya Kesehatan.

Perasan gelisah, bingung, dan tidak tenang muncul. Seakan ada yang kurang jika tidak bermain game. Itu adalah salah satu tanda kecanduan game.

Bahkan di kondisi yang lebih parah, terdapat anak yang terus merengek saat tidak memegang HP untuk bermain game. Bahkan beredar info seorang anak yang terus menggerakkan jari-jarinya seperti orang bermain game. Padahal dia tidak sedang memegang konsol game atau gadget. 

Bahayakah kecanduan yang demikian? Jika bahaya, bagaimana solusinya?

Kecanduan Game Picu Bahaya Kesehatan

Setiap hal yang berlebihan tentu menimbulkan bahaya. Termasuk berlebihan dalam bermain game sampai menimbulkan kecanduan.

Game menang memiliki efek seperti rokok, pronigrafi, dan sesuatu lain yang dapat membuat candu. Hanya saja kecanduan bermain game pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan dan continueitas dalam bermain.

Biasanya orang yang kecanduan terhadap game slot olympus bukanlah orang yang seminggu dua minggu bermain game tersebut. Namun orang-orang yang sudah sangat lama bermain dan mengikuti perkembangan game tersebut. Sampai terbentuk di pikirannya bahwa bermain game merupakan bagian dari rutinitas sehari-hari.

Sehingga wajar jika kemudian ketika tidak bermain game di hari itu, yang bersangkytan merasa ada sesuatu yang kurang. Hal inilah yang akhirnya memicu munculnya perasan resah, bingingung dan tidak tenang.

Bagi orang yang kecanduan bermain game, biasanya memiliki tingkat kecanduan yang berbeda-beda. Ada yang hanya kecanduan biasa dan bisa diobati dengan memaksimalkan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya. Namun bagi yang sudah kecanduan parah, perlu bantuan dari tenaga ahli untuk mengembalikan yang bersangkutan seperti sedia kala.

Dampak Negatif Kecanduan Game

Selain membahayakan mentalitas, kecanduan game juga dapat memberikan dampak negatif terhadap tubuh. Beberapa dampak negatif tersebut di antaranya:

  • Gangguan Pada Mata

Karena bermain game berhubungan dengan cahaya di layar, bermain game dalam waktu yang cukup lama tentu sangat membahayakan kesehatan mata. Layar dari HP dapat sangat mengganggu kesehatan mata.

Ada sejumlah tahapan-tahapan kerusakan mata. Mulai dari yang sederhana sampai yang parah. Misalnya berawal dari mata lelah, merambat ke mata minus, sampai akhirnya kerusakan pada saraf mata.

  • Resiko Obesitas Pada Badan

Orang yang bermain game telalu lama mudah mendapatkan persoalan pada tubuh. Karena saat bermain game, tubuh tidak bergerak dan cenderung lebih banyak diam. Salah satu hal yang memungkinkan terjadi saat terlalu banyak dia akibat bermain game adalah meningkatnya berat badan hingga terjadi obesitas.

  • Kurangnya Sosialisasi dan Komunikasi

Bermain game yang terlalu sering dapat membuat komunikasi dan sosialisasi dengan lingkungan berkurang. Sebab gamer yang sudah kecanduan akan lebih fokus kepada gamenya daripada berkomunikasi dengan orang lain. Hal seperti ini tentu sangat tidak baik. Bahkan cenderung menciptakan persoalan di lingkungan.

Tiga hal di atas itu hanyalah contoh kecil dari sejumlah persoalan yang terjadi akibat kecanduan game. Masalah-masalah lain sejatinya jauh lebih banyak. Dari saking banyaknya tidak bisa dirinci satu persatu.

Kesimpulan

Namun yang paling penting dalam pembahasan ini adalah peran orang tua dalam mengawal dan membatasi waktu bermain game anak. Hal tersebut sangatlah penting. Karena selain dapat mencegah anak kecanduan game, dengan mengetahui game picu kesehatan tersebut juga bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar atau melakukan hal-hal positif lainnya.